Friday 6 November 2015

“PENGGUNAAN DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI DUNIA PENDIDIKAN”


 
 Dalam kehidupan suatu negara, pendidikan memegang peranan yang sangat penting untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer dan teknologi informasi, sekolah-sekolah di Indonesia sudah waktunya untuk mengembangkan sistem informasi manajemen untuk dapat bersaing dengan perubahan zaman .Sisko mampu memberikan kemudahan dalam mengelola kegiatan dan meningkatkan kredibilitas dan akuntabilitas sekolah di mata siswa, orang tua, dan teknologi informasi masyarakat untuk mendukung proses pendidikan telah menjadi kebutuhan bagi lembaga pendidikan di Indonesia. Penggunaan teknologi informasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas untuk pendidikan manajemen. Keberhasilan dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas untuk pendidikan manajemen juga akan menentukan kelangsungan hidup lembaga itu sendiri. Dengan kata lain, menunda penerapan teknologi informasi dalam lembaga pendidikan kelancaran berarti menunda pendidikan dalam menghadapi persaingan global.

 
Pemanfaatan teknologi informasi yang dirancang untuk peningkatan kinerja lembaga pendidikan dalam upaya mereka untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Guru dan pengelola sekolah tidak lagi disibukkan dengan tugas-tugas operasional, yang sebenarnya dapat digantikan oleh komputer. Oleh karena itu, dapat memberikan keuntungan dalam efisien waktu dan usaha.
Menghemat waktu dan kecepatan penyajian informasi akibat penerapan teknologi informasi yang akan memberikan kesempatan bagi para guru dan pengelola sekolah untuk meningkatkan kualitas komunikasi dan bimbingan kepada siswa. Dengan demikian, siswa akan merasa lebih manusiawi dalam rangka mengembangkan kepribadian dan pengetahuan.

Sebagai contoh, hal utama adalah bahwa sistem penjadwalan harus dilakukan setiap semester. Biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk mengatur penjadwalan, Dengan Sisko dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat. Untuk memudahkan administrasi kurikulum sekolah, Sisko menyediakan fasilitas khusus yang merupakan inti dari sistem kurikulum sekolah yang membantu dalam membuat penjadwalan mata pelajaran sekolah dapat diproses tidak lebih dari 10 menit. Administrator hanya akan mencakup kondisi masing-masing guru yang akan mengajar baik di minggu pertama guru bisa mengajar beberapa jam, tetapi juga dapat melakukan pemesanan dan penempatan hari libur masing-masing guru mengajar dalam waktu 1 minggu. Setelah semua kondisi dimasukkan, sistem akan memproses semua data untuk menghasilkan jadwal yang optimal dan dapat langsung digunakan sebagai sistem akan mendeteksi bahwa tidak akan ada jadwal berdekatan satu sama lain.
Setelah semua kondisi dimasukkan, sistem akan memproses semua data untuk menghasilkan jadwal yang optimal dan dapat langsung digunakan sebagai sistem akan mendeteksi bahwa tidak akan ada jadwal berdekatan satu sama lain. Setelah masalah penjadwalan dapat ditangani dengan baik, hal yang tidak kalah penting adalah masuknya data siswa (penilaian siswa).
Program Sisko telah menyediakan fasilitas untuk penanganan penilaian siswa yang secara langsung memasukkan nilai ke dalam raport dan siap dicetak. Untuk sistem penilaian siswa, yang dapat melakukan hanya pengisian Guru yang mengajar mata pelajaran. Sistem penilaian telah disesuaikan dengan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) sehingga masing-masing guru dapat mencakup deskripsi narasi dari mata pelajaran. Untuk menampilkan data penilaian dapat disesuaikan kembali kepada kebijaksanaan masing-masing lembaga apakah untuk menampilkan nilai data dan menampilkan nilai akhir siswa siswa setiap kali memegang tes tertentu atau tugas.
 Pengolahan data menjadi informasi untuk mendukung pengambilan keputusan

 Pengelolaan katalogisasi perpustakaan termasuk buku , pencarian buku , proses peminjaman dan buku kembali , status keberadaan buku , dan penetapan jumlah denda .


No comments:

Post a Comment